Penyuluhan Koperasi Dinas UKM Kota Batam

Pada hari Rabu 19 Maret 2019 SMA Negeri 21 Batam mengundang perwakilan Dinas UKM kota batam untuk memberikan penyuluhan tentang tata laksana koperasi sekolah. Kegiatan berlangsung mulai pukul 13.00 hingga pukul 14.00 yang di ikuti oleh seluruh warga sekolah untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan potensi koperasi di SMAN 21 Batam serta manfaat lainnya yang terangkum sbb :

  1. Menawarkan barang dan jasa dengan harga lebih murah
    Bagi anggota koperasi yang kurang mampu, harga barang atau jasa yang ditawarkan bisa lebih murah dan terjangkau dibanding dengan toko-toko lain selain koperasi.
  2. Menumbuhkan motifasi berusaha yang berkeperimanusiaan
    Selain di didik meraih keuntungan dan semangat dalam berwirausaha, koperasi juga memiliki tujuan untuk melayani dengan baik keperluan anggotanya sehingga kebutuhan dan keperluan anggotanya terpenuhi.
  3. Menumbuhkan sikap jujur dan terbuka
    Setiap anggota memiliki tugas masing-masing dalam pengelolaan koperasi. Mengkedepankan sikap terbuka dan kejujuran dalam menyampaikan laporan. Kejujuran adalah modal utama dalam suatu hubungan, terutama koperasi yang mengedepankan sikap kekeluargaan terhadap semua anggotnya.
  4. Melatih sikap mandiri
    Butuh waktu melatih anggota baru dalam sikap mandiri untuk dapat menghasilkan pendapatan sendiri tanpa bergantung pada orang lain
  5. Melatih menggunakan pendapat secara efektif
    Semua anggota akan di tuntut hidup berhemat, dengan melatihnya dalam bidang produksi untuk mendapatkan pendapatannya sendiri secara efektif. Jika ada anggota yang membuka usaha memproduksi makanan, tentu nya butuh modal membeli bahan. Lalu berapa banyak biaya hidup yang harus dikeluarkan dan ditabung. Anggota diharuskan terhindar dari pemborosan agar kehidupan anggota menjadi lebih baik.
  6. Memperoleh pinjaman dengan mudah
    Koperasi bisa menyediakan pinjaman tanpa syarat yang berbelit-belit bagi anggota yang benar-benar sedang kesulitan dalam masalah keuangan
  7. Menanamkan disiplin dan tanggung jawab
    Sikap disiplin dan tanggung jawab sangat diharuskan dalam perkoperasian, agar semua anggota menjalankan kewajiban dengan baik dan hati-hati.
  8. Mendidik untuk bisa bekerja sama
Demikian sekilas warta smandasa hari ini (imn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon Kami